TARPs ( Target Audience Rating Points)
Adalah jumlah kumulatif penonton yang diraih dalam suatu kampanye iklan dalam
periode tertentu. Satuannya adalah %. TARPs adalah penjumlahan
kumulatif dari semua TVR yang diperoleh oleh suatu iklan dalam suatu
kampanye, karena itu ada duplikasi penonton artinya penonton yang sama
tetap dimasukkan dalam hitungan TARPs
Contoh: perolehan TVR iklan brand ”A”
Program TVR
Cahaya 10
Was Was 2
Cahaya 8
Insert 2
Maka total TARPs :
TARPs 22 %
TVR
adalah persentasi jumlah penonton yang menonton suatu acara/iklan dalam
suatu waktu tertentu. TVR nilainya berubah-ubah sesuai dengan jumlah
penonton pada waktu tersebut.
Program TVR
Cahaya 10 artinya 10 % dari Target Audience menonton iklan brand “A” di program Cahaya
Was Was 2 artinya 2 % dari Target Audience menonton iklan brand “A” di program Wasa Was
Reach
Adalah jumlah penonton
yang diraih dalam suatu kampanye iklan dalam periode tertentu namun
tidak ada duplikasi penonton seperti dalam perhitungan TARPs. Pada perhitungan reach setiap penonton yang pernah menonton iklan hanya dimasukkan dalam perhitungan sekali saja jadi tidak ada duplikasi.
Angka maksimum untuk reach adalah 100%
Reach biasa disebut Net Reach, sedangkan TARPs adalah perhitungan gross karena ada duplikasi tadi, istilah lain yang sering digunakan untuk TARPs adalah GRPs (Gross Rating Points)
Brand A mendapatkan Reach 90 % artinya 90 persen dari target audience (orang berbeda = tanpa duplikasi) menonton iklan brand “A”
Reach 1 + adalah persentasi jumlah target audience yang menonton iklan minimal sekali
Reach 2 + adalah persentasi jumlah target audience yang menonton iklan minimal dua kali
Dst..
Reach absolute 1 adalah presentasi jumlah target audience yang menonton iklan tepat hanya sekali
Reach absolute 2 adalah presentasi jumlah target audience yang menonton iklan tepat hanya 2 kali.
Average Frequency atau OTS (opportunity to see) adalah rata-rata iklan terlihat oleh setiap penonton (target audience)
Hubungan antara TARPs, Reach & Ave Freq. adalah:
TARPs / Reach = Ave Freq.
Effective Frequency (EFE)
adalah jumlah frequency yang diperlukan sebuah iklan untuk terlihat
oleh target audience sehigga iklan tersebut menjadi effective.
Misalnya EFE = 3x artinya iklan tersebut perlu dilihat 3x barulah akan menjadi effective.
Pertanyaannya dilihat 3x dalam periode berapa lama ? effective dalam batasan level apa?
Periode umumnya
perminggu tergantung pada lifecycle produk atau kompetisi, misalnya
produk permen kemungkinan base periodenya adalah harian.
Level effective yang diharapkan adalah seperti umumnya tugas advertising sampai pada level awareness.
Salah satu teori level effective atau audience respon adalah sebagai berikut :
Awareness
Interest
Desire
Action
Tugas advertising
adalah membawa target audience pada level awal yaitu awareness, namun
saat ini tuntutan klien sudah sampai pada level action, sehingga
timbullah service Activation untuk memenuhi tuntutan ini. Untuk sampai
pada level lebih dari awareness perlu kombinasi faktor IMC (integrated
marketing communication) yang lainnya.
Effective Reach adalah Reach dalam level EFE sehingga tujuan awareness dapat tercapai.
CPRP (cost per rating point)
Adalah harga yang dikeluarkan untuk mendapatkan 1 % 91 point TVR) target audience.
Jika harga yang dipakai adalah harga gross maka CPRP menjadi CPRP Gross, jika harga net maka CPRP menjadi CPRP Net.
Jika harga
yang dipakai adalah harga 30” maka CPRP menjadi CPRP 30” (gross atau
net), jika harga 15” maka CPRP menjadi CPRP 15” (gross atau net) dst.
Tetapi umumnya yang menjadi benchmark atau patokan adalah harga CPRP 30” Net.
CPRP juga berlaku untuk CPRP per program atau CPRP total media plan
Rumus CPRP program = Rate / TVR ( gross atau net)
Rumus CPRP media plan = total Budget / TARPs (gross atau net)
CPC (cost per contact)
Adalah harga yang diperlukan untuk mendapatkan 1 orang target audience
CPC = Rate / (jumlah penonton/pembaca/pendengar)
CPC = Rate / (TVR x universe)
CPM (cost per mill = cost per thousand)
Adalah harga yang diperlukan untuk mendapatkan 1000 orang target audience
CPM = Rate / (jumlah penonton/pembaca/pendengar) x 1000
CPM = Rate / (TVR x universe) x 1000
Adstock
Adalah ingatan yang tersisa ketika suatu campaign advertising telah berakhir. Survey yang pernah dilakukan untuk fast
moving consumer good adalah ketika kampanye telah berakhir maka ingatan
terhadap iklan tetap bertahan sampai dengan 2.5 minggu (source
:wikipedia). Informasi ini dapat membantu untuk membuat scheduling dari
suatu kampanye iklan misalnya apakah kita aman untuk berhenti atau off
selama dua minggu, dll.
Saturation and Deminishing Return
Adalah titik jenuh sebuah
iklan, dimana ketika penambahan frequency atau weight iklan tidak
memberikan tambahan yang signifikan untuk kenaikan jumlah audience.
Duplikasi media
Adalah kondisi dimana
target audience mengkonsumsi lebih dari satu media. Misalnya ada target
audience yang membaca Kompas & Femina, ada yang membaca Kompas &
Bisnis Indonesia, ada yang membaca Kompas, Bisnis Indonesia &
Femina.

Total pembaca Kompas 600 orang, total pembaca Femina 150 orang dan duplikasi 100 orang yang membaca kedua-duanya.
Yang hanya membaca Kompas 500 orang dan yang hanya membaca Femina 50 orang.
Komentar
Posting Komentar